Pilpres dengan Semangat Kebersamaan - HERAPRI.ID

Latest

Tuesday, July 07, 2009

Pilpres dengan Semangat Kebersamaan

| Ilustrasi |
HERAPRI.ID - Saling mengklaim hasil kerja pembangunan memang tak bisa dihindari dalam kampanye. Salah satu penyebabnya karena topik ini memang laku keras untuk dijual. Tidak bisa dihindari dalam konteks kampanye atau pun dalam konteks komunikasi ke publik, tentu ada yang ingin disampaikan tapi yang terpenting adalah dalam rangka menegasikan yang lain atau mengklaim sesuatu keberhasilan sebagai usaha peran sendiri, tidak ada yang lain.

Saling mengklaim hasil kerja pembangunan memang tak bisa dihindari dalam kampanye. Salah satu penyebabnya karena topik ini memang laku keras untuk dijual. Tidak bisa dihindari dalam konteks kampanye atau pun dalam konteks komunikasi ke publik, tentu ada yang ingin disampaikan tapi yang terpenting adalah dalam rangka menegasikan yang lain atau mengklaim sesuatu keberhasilan sebagai usaha peran sendiri, tidak ada yang lain.

Dalam kenyataannya, memang ada yang berperan lebih dan ada yang kurang. Tapi tetap saja, semua pihak pastinya mempunyai peran dalam keberhasilan-keberhasilan tersebut, baik untuk menghadirkan solusi baik itu di perdamaian Aceh maupun pembangunan Jembatan Suramadu.

Andaikata semua itu disampaikan sesuai dengan konteksnya, maka hal ini harus disyukuri. Karena bisa membangun Jembatan Suramadu dan menghadirkan perdamaian di Aceh merupakan suatu kebanggaan bersama.

Alangkah indah Pilpres bila dilakukan dengan semangat kebersamaan. Pola kampanye klaim-klaim keberhasilan seperti yang marak dilakukan saat ini semoga nantinya justru tidak malah membuat masyarakat menjadi terkotak-kotakkan dan membuat suasana menjadi tidak kondusif.

No comments: