45 Penghargaan Diraih Pacitan Sepanjang Tahun 2011 - HERAPRI.ID

Latest

Thursday, December 15, 2011

45 Penghargaan Diraih Pacitan Sepanjang Tahun 2011

| Bupati Indartato |
HERAPRI.ID - Tahun 2011 benar-benar menjadi tahun istimewa bagi kabupaten Pacitan. Pasalnya, sepanjang tahun ini, kabupaten berjuluk kota Seribu Satu Goa ini menerima 45 penghargaan mulai dari tingkat provinsi, Nasional dan Internasional. Beberapa penghargaan diraih secara individu dan sebagian lainnya diraih secara kelembagaan. Dari keseluruhan penghargaan yang diberikan, sebagian besar berada di lembaga pendidikan yakni 28 kategori. Sedangkan sisanya di sejumlah SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah).

Dinas Pendidikan misalnya, meraih penghargaan Terobosan bidang pelayanan pendidikan dari JPIP otonomi award , beberapa medali emas,perak dan perunggu kompetensi siswa tingkat propinsi dan nasional serta belasan penghargaan individu lain, mulai tingkat SD hingga SMA. Penghargaan Guru berprestasi, sekolah berkarakter terbaik hingga juara satu sempoa Malaysia Internasional tingkat SD.

Penghargaan dari SKPD lain diantaranya, predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) penata usahaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), penghargaan Swasti Saba kategori Padapa pada kabupaten sehat tingkat nasional. Penghargaan Cipa Award tentang wisata tingkat nasional, Anugerah Agro Inovasi rumah pangan lestari tingkat nasional serta sejumlah penghargaan pada SKPD lain.

Bupati Pacitan Indartato, menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada mereka yang berprestasi. Sebagai aparatur pemerintah, tentunya tugas-tugas lain masih menantang. Apalagi diera reformasi saat ini, birokrasi sebagai komponen utama pengelola pemerintahan negara harus mampu meningkatkan kualitas pengabdian dan kinerja terbaik bagi masyarakat.

“Penghargaan yang diterima oleh Kabupaten Pacitan menunjukkan bukti atas kompetensi dan kesadaran yang tinggi dari masyarakat di berbagai bidang. Penghargaan tersebut merupakan milik dan kebanggaan seluruh warga Pacitan,”kata Indartato.

Yang terbaru, Kabupaten Pacitan meraih penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/11) kepada Bupati Pacitan, Indartato. Turut mendampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono dan Menteri Pertanian Suswono beserta istri, Mieke Suswono. Penghargaan diberikan setelah melakukan proses seleksi oleh dewan pangan baik daerah maupun nasional.

Kabupaten Pacitan dianggap berhasil mengembangkan inovasi kreatif Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL). Bupati Pacitan telah menerapkan M-KRPL sehingga bisa menjadi model bagi kabupaten lainnya. M-KRPL mampu mengurangi pengeluaran rumah tangga petani dan secara bersamaan mampu meningkatkan kehidupan sosial petani dalam bentuk gotong royong.

“Rumah Pangan Lestari terbukti dapat mengurangi anggaran belanja rumah tangga setiap bualnnya. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain, misal untuk kebutuhan anak sekolah dan lainnya,” terang Indartato.

Penghargaan Ketahanan Pangan diberikan setiap tahun, dilaksanakan oleh Dewan Ketahanan Pangan. Pada tahun 2011 ini, penghargaan disempurnakan dalam hal substansi dan mekanismenya dan diubah namanya menjadi Penghargaan Ketahanan Pangan Adhikarya Pangan Nusantara. Selain dari Badan Litbang Pertanian, penerima penghargaan lainnya adalah gubernur, bupati/walikota, kepala desa, dan masyarakat.

1 comment:

Anonymous said...

semoga penghargaan itu benar adanya, bukan karena Pacitan sebagai tempat kelahiran presiden