Desa Harus Lebih Berdaya - HERAPRI.ID

Latest

Thursday, December 22, 2011

Desa Harus Lebih Berdaya

| Bupati Indartato |
HERAPRI.ID - Pelaksanaan otonomi desa diharapkan menjadi awal kemandirian bagi pemerintah desa untuk mengelola rumah tangganya sendiri. Ini penting, karena desa merupakan ujung tombak negara dimana aparat pemerintah bersentuhan langsung dengan masyarakat. "Otonomi di tingkat desa merupakan salah satu jawaban peningkatan peran serta pemerintahan desa dalam pembangunan," kata Bupati Pacitan, Indartato.

Jika pola tersebut sudah berjalan, maka pemerintah kabupaten hanya berperan menetapkan rambu serta memantau pelaksanaan kegiatan.Terutama menyangkut pengelolaan keuangan dan penatausahaan agar sesuai  aturan yang berlaku. "Adalah penting untuk melibatkan kepala desa dalam membuat kebijakan,"imbuh Indartato.

Menurut Bupati, pemerintah desa sebenarnya miniatur pemerintah kabupaten ditingkat bawah.Hal tersebut tercermin dari sitem kelembagaan yang menyerupai pemerintah daerah. Yakni adanya lembaga eksekutif serta legeslatif yang disebut Badan Perwakilan Desa (BPD).

Dengan konsep pemberdayaan ini pula tegas Indartato, peran semua lembaga ditingkat desa dapat berfungsi sesuai tanggung jawab masing-masing. Sehingga dengan pemahaman otonomi yang baik, desa benar-benar menjadi sistem pemerintahan mandiri dan tidak bergantung pada pemerintah diatasnya. "Desa mandiri adalah tjuan akhir. Jika semua stake holder dapat bekerjasama, hal tersebut dapat terwujud lebih cepat,"pungkasnya.

1 comment:

Anonymous said...

sudah seharusnya desa itu berdaya, karena desa merupakan ujung tombak sebuah negara. desa berdaya, negara maju