Waspadai Penggiringan Opini Melalui Survei - HERAPRI.ID

Latest

Monday, December 19, 2011

Waspadai Penggiringan Opini Melalui Survei

| Ilustrasi |
HERAPRI.ID - Kaum Cerdik Cendikia harus mengingatkan publik untuk waspada terhadap survei yang menggiring opini berkaitan dengan sosok yang akan mencalonkan diri pada Pilpres 2014. Bisa saja sejumlah lembaga yang merilis hasil survei, merupakan upaya menggiring opini publik terhadap seseorang atau menguji penerimaan individu di masyarakat terkait pencalonannya sebagai calon presiden.
Dalam konteks hasil survei calon presiden 2014 yang dirilis beberapa lembaga terlalu dini untuk dijadikan acuan. Hal itu mengingat pelaksanaan pemilu presiden masih akan berlangsung sekitar tiga tahun lagi, dan hasil survei hari ini belum dapat menggambarkan kondisi yang sebenarnya saat pemilihan nanti berlangsung.

Selain itu, dari beberapa lembaga yang melaksanakan survei hasilnya berbeda satu sama lainnya sehingga ini perlu menjadi pertanyaan kritis kepada lembaga yang melaksanakannya. Untuk itu, dalam membaca hasil survei calon presiden perlu berhati-hati, karena selain waktunya masih terlalu panjang juga perlu dilihat seperti apa instrumennya mengingat nama-nama yang muncul adalah wajah lama. Hasil survei yang mengapungkan sejumlah nama tersebut sah-sah saja, tetapi belum dapat menjadi pegangan yang kuat dalam membaca kondisi pemilu presiden mendatang.

Kemudian, menanggapi hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) yang menyatakan kekecewaan publik terhadap politisi muda, hal itu harus menjadi pembelajaran. Pada pemilu 2009 sebenarnya masyarakat telah memberi kesempatan kepada politisi muda untuk berkiprah, namun ternyata kinerja mereka dinilai belum optimal. Hal itu merupakan pesan untuk politisi muda agar lebih serius meningkatkan kinerja supaya tidak dinilai sama saja dengan politisi tua.

1 comment:

Anonymous said...

SURVEI, berani membela yang bayar hehehe