4 Cara Ampuh Cegah Gigitan Nyamuk di Rumah - HERAPRI.ID

Latest

Friday, June 10, 2016

4 Cara Ampuh Cegah Gigitan Nyamuk di Rumah

wartapacitan
| Ilustrasi |
HERAPRI.ID - Orang-orang sejak dulu sudah mencoba berbagai cara untuk mengusir nyamuk, mulai dari penggunaan bawang putih, aroma dari lavender, dan lainnya.

Melansir laman Marie Claire, Kamis (9/6/2016), Dr Gabrielle Francis seorang dokter naturopati yang berbasis di New York, memaparkan beberapa cara mudah nan efektif untuk mencegah gigitan tubuh dari serangan nyamuk jahat berikut ini:

1. Perbanyak vitamin B-kompleks

Dr Francis menyarankan untuk mengonsumsi vitamin B-kompleks selama satu bulan selama musim panas. Karena nyamuk menyukai suhu yang hangat, kata dia, pengaruh vitamin B saat akan menyebabkan bau tubuh yang khas sehingga nyamuk tidak betah berlama-lam hinggap di sekitar Anda.

2. Kenakan baju tertutup

Bukan hanya pakaian gelap yang disukai nyamuk, bahkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan untuk mengenakan pakaian berlengan panjang agar menutupi seluruh tubuh dan terlindung dari nyamuk.

CDC pun menyarankan untuk menyemprotkan cairan anti-nyamuk di bagian bawah baju.

3. Gunakan produk anti-nyamuk

Pengunaan obat semprot untuk ruangan hingga khusus tubuh disarankan oleh CDC agar individu terhindar dari nyamuk berbahaya.

Terlebih jika Anda berada di daerah dengan ancaman Zika yang cukup tinggi, penting untuk memperhatikan kandungan minyak lemon eucalyptus, atau para-mentana-diol yang ampuh mencegah nyamuk menghampiri Anda.

4. Letakkan minyak khusus di area rumah

"Minyak esensial pada tanaman tertentu mampu melindungi tubuh dari serangan bakteri, virus, dan mikroba lain. Jika minyak ini Anda semprotkan akan menjadi senjata beracun bagi nyamuk," ungkap Dr Francis.

Minyak yang dimaksud adalah germanium, serai, kayu putih, lavender, rosemary, dan peppermint.

Cara membuatnya cukup mudah, cukup campurkan 20 tetes minyak kayu putih, 20 tetes minyak kayu cedar, 10 tetes minyak pohon teh, 10 tetes minyak geranium dan 60 mililiter minyak jojoba atau minyak almond.

Setelah itu, oleskan pada kulit yang ingin dilindungi dan hindari daerah mata.

No comments: