Hindari Bau Mulut, Kapan Waktu Gosok Gigi Paling Tepat Seusai Sahur? - HERAPRI.ID

Latest

Wednesday, June 22, 2016

Hindari Bau Mulut, Kapan Waktu Gosok Gigi Paling Tepat Seusai Sahur?

| Ilustrasi |
HERAPRI.ID - Menyikat gigi selepas makan sahur wajib hukumnya untuk menjaga bau mulut tak muncul seharian. Lantas setelah makan sahur, kapan baiknya sikat gigi dilakukan?

Prof Dr drg Melanie S Djamil, M.Biomed. dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti  seperti dilansir detikhealth menjelaskan, setelah makan sahur, paling tepat menyikat gigi dilakukan sekitar 15-20 menit selepas makan.

Harapannya, tidak akan ada sisa makanan yang menempel, sebab bila gosok gigi dilakukan di pagi hari atau beberapa jam setelah sahur, sisa makanan tersebut bisa merusak gigi dan membuat napas tak sedap.

Lagipula memberi jeda 15-20 menit gosok gigi setelah makan juga membantu kelancaran sistem pernapasan.

"Ini juga memberi kesempatan makanan di rongga mulut hingga masuk ke dalam lambung agar tidak terlalu bekerja keras," papar Prof Melanie.

Namun mengapa bau mulut tidak sepenuhnya hilang meski sudah gosok gigi? Menurut Dr drg Tri Erri Astoeti, M.Kes., bau mulut seringkali terjadi karena terlambat membersihkan gigi, padahal dua menit mengunyah makanan berkarbohidrat saja akan membuat mulut berubah menjadi asam.

Setelah 30 menit dibiarkan tanpa diselingi minum atau berkumur, maka makanan tadi akan berpeluang menjadi plak di gigi. Faktor lainnya adalah gosok gigi seadanya sehingga masih ada sisa makanan yang tertinggal.

"Sisa makanan yang tertinggal ini yang lama-lama menjadi plak dan membuat mulut bau," katanya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Untuk mencegah bau mulut yang berlebihan selama puasa, drg Tri menyarankan agar cerdik memilih makanan ketika sahur. Kurangi makanan manis yang bisa mempercepat mulut menjadi asam atau makanan yang beroma keras seperti petai.

'Resep' lain adalah memanfaatkan saat berwudhu untuk berkumur dan menetralisir keasaman dalam mulut. Sedangkan penggunaan obat kumur hanya bersifat membantu, sebab yang utama adalah menyikat gigi dengan tuntas.

No comments: