Jembatan Bailey Kembar Gemaharjo Dipastikan Selesai Akhir Juni - HERAPRI.ID

Latest

Tuesday, June 21, 2016

Jembatan Bailey Kembar Gemaharjo Dipastikan Selesai Akhir Juni

| Jembatan Bailey Pacitan |
HERAPRI.ID - Pemudik dari arah Surabaya menuju Pacitan kini tak was-was mengalami macet ketika tiba di titik jembatan darurat Gemaharjo, Tegalombo. Pasalnya, satu lagi jembatan bailey dipasang persis berdempetan dengan jembatan sejenis yang terpasang sebelumnya. Pemasangan kembaran jembatan itu ditarget rampung akhir Juni ini.

"Progresnya sudah 65 persen. Setelah selesai nanti akan diuji coba dulu," kata Widy Sumardji, Kepala Dishubkominfo Pacitan seperti dilansir radarmadiun.

Widy mengatakan, jembatan bailey kembar itu nantinya memiliki fungsi ganda. Selain sebagai pengurai kemacetan arus lalu lintas dari Pacitan menuju Ponorogo atau sebaliknya, jembatan tersebut nantinya bisa dilewati bertonase lebih dari 3 ton. Sebab, jembatan bailey yang sudah ada saat ini hanya bisa dilintasi oleh kendaraan pribadi atau kendaraan yang tonasenya tidak lebih dari 3 ton.

Menurut dia, jembatan bailey tambahan itu memiliki panjang 35 meter. Konstruksinya dibuat lebih kuat dibandingkan dengan jembatan darurat dengan panjang 50 meter di sampingnya. Jembatan sebelumnya tidak kuat dilewati bus dan kendaraan besar. Saat melintas, bus atau truk harus menurunkan penumpang dan muatannya agar lebih ringan. Selain itu, kendaraan roda empat harus melintas bergantian saat melewati jembatan.

Terkait rekayasa lalu lintas di titik tersebut saat arus mudik-balik Lebaran, Widy mengaku pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Satlantas Polres Pacitan dan UPT Bina Marga Jatim wilayah Pacitan. Hanya saja, saat ini pihaknya belum bisa memastikan teknis penerapan arus lalu lintas di jembatan bailey kembar tersebut. 

Saat ini proses pengerjaan pemasangan jembatan bailey tambahan masih terus berjalan. Progres pekerjaan tinggal memasang lantai jembatan dengan menggunakan plat baja besi seperti yang digunakan pada jembatan bailey sebelumnya. Hanya saja, untuk memperkuat konstruksi jembatan ditopang dengan balok besi di bagian dasarnya.

No comments: