Orangtua Sebaiknya Ajarkan Ini Sebelum Anak Berusia 10 Tahun - HERAPRI.ID

Latest

Monday, June 20, 2016

Orangtua Sebaiknya Ajarkan Ini Sebelum Anak Berusia 10 Tahun

| Ilustrasi |
HERAPRI.ID - Buah hati Anda harus tahu bahwa di dunia ini ada banyak tantangan dan halangan yang harus dapat mereka atasi. Meski sekarang masyarakat sudah banyak bergantung pada teknologi tapi masih ada beberapa keterampilan praktis yang harus buah hati Anda kuasai.

Berikut adalah 10 keterampilan hidup yang sangat berguna bagi anak-anak dan harus mereka pelajari sebelum berusia 10 tahun seperti dilansir laman The Asian Parent.

1. Mencuci pakaian

Baik mencuci dengan tangan atau mesin cuci, sebelum berusia 10 tahun, buah hati Anda harus merasa nyaman melakukan kewajiban mencuci pakaian. Banyak anak-anak usia sekolah menegah atas bahkan mahasiswa masih belum mengetahui bagaimana mencuci pakaian dan memisahkan antara pakaian putih dan berwarna. Mereka tidak harus pandai mencuci atau bertanggung jawab atas pakaian kotor mereka, tapi paling tidak mereka tahu bagaimana membersihkan pakaian mereka.

2. Menanam tumbuhan

Ini adalah kemampuan berguna yang bisa membuat buah hati Anda memiliki hobi yang menyehatkan. Selain itu, bercocok tanam bisa menjadi cara mendekatkan mereka dengan alam, lebih banyak berada di luar, dan cara yang baik mengajarkan anak bagaimana tumbuhan dan kehidupan berjalan.

3. Memaku

Ketika Anda melakukan perbaikan di rumah, biarkan buah hati Anda melihat dan belajar mengenai keluwesan tangan. Pekerjaan pertukangan merupakan pelajaran berguna yang dapat membuat buah hati Anda lebih mandiri nantinya. Bukan berarti Anda membiarkan mereka bermain bebas dengan palu, tapi ajarkan kepada mereka seberapa berguna keterampilan menggunakan alat-alat itu dalam kehidupan mereka.

4. Menulis surat

Meski surat-menyurat sudah tidak lagi populer sejak kehadiran komputer dan ponsel, tapi mengajarkan buah hati menulis surat bisa memberikan mereka keterampilan bagaimana mengirim surat yang benar di usia dini. Ini juga menjadi kesempatan yang untuk melatih mereka menulis dan membuat kalimat yang baik.

5. Membuat makanan sederhana

Tidak perlu mengajarkan buah hati Anda hingga pandai memasak, tapi setidaknya dia bisa menyiapkan sereal sendiri untuk sarapan. Ajak mereka untuk membantu Anda di dapur agar mereka bisa belajar proses bagaimana makanan disiapkan yang dapat membuat mereka menguasai keterampilan ini.

6. Mengenal arah dan membaca peta

Meski buah hati Anda lahir di era teknologi GPS tapi jangan manjakan mereka dengan kemudahan. Setidaknya ajarkan mereka bagaimana membaca peta yang benar dan menggunakan kompas. Keterampilan ini bisa berguna jika mereka terlepas dari orang  dewasa di luar.

7. Mengobati luka

Saat terluka dan tidak ada orang dewasa di sekitarnya, keterampilan ini bisa membuat mereka mandiri dalam mengatasi lukanya sendiri.

8. Membersihkan kamar mandi

Sebelum usia 10 tahun, buah hati Anda harus tahu bagaimana berkontribusi dalam tugas rumah tangga dan membersihkan kamar mandi adalah salah satu pekerjaan yang bisa mereka bantu. Anda bisa memulai dengan mengajarinya membersihkan dudukan, penutup atau dasar toilet. Hal ini juga mengajarkan mereka bagaimana bertanggung jawab.

9. Berbelanja dengan hemat

Ajarkan mereka bagaimana berbelanja sesuai dengan anggaran. Mereka juga harus tahu bagaimana membandingkan produk dan mencari yang termurah agar mereka bisa menjadi lebih hemat dan efisien. Mereka nantinya akan lebih memahami pentingnya menghemat uang dan menghargainya.

No comments: