Cara Jaga Kesehatan Ginjal Saat Rayakan Lebaran - HERAPRI.ID

Latest

Tuesday, July 05, 2016

Cara Jaga Kesehatan Ginjal Saat Rayakan Lebaran

| Ilustrasi |
HERAPRI.ID - Merayakan Lebaran adalah saat yang dinantikan umat Muslim di seluruh penjuru dunia. Agar terhindar dari gangguan ginjal, Anda harus menerapkan tips berikut.

Dijelaskan Spesialis Penyakit Dalam DrDharmeizer SpPD KGH, menjelang Lebaran setiap orang harus menjaga kesehatan. Apalagi fungsi ginjal yang sangat vital untuk mendukung kehidupan.

"Hidup sehat, minum air, dan makanan sehat dengan prinsip gizi seimbang harus selalu dijaga," ujarnya lewat pesan singkat yang diterima Okezone, belum lama ini.

Kementerian Kesehatan, kata dia, menyepakati makanan gizi seimbang yang dapat menjaga kesehatan ginjal yakni mengandung tinggi protein dan karbohidrat selain nasi putih.

"Makanan gizi seimbang terdiri dari protein, lemak, karbohidrat dan mineral. Dari komposisi ini, makanan yang kita butuhkan harus disesuaikan. Misalnya nasi putih bisa diganti kentang," imbuh dia.

Juga, selama Ramadan, usahakan jauhi junk food karena tinggi kalori dan lemak. Banyak makan junk food dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah.

"Jauhi fast food atau junk food. Makanan ini kadarnya sangat tinggi lemak karena pengolahannya identik dengan digoreng," tukasnya.

No comments: