Jelang Lebaran, Dinkes Pacitan Siaga Penuh - HERAPRI.ID

Latest

Sunday, July 03, 2016

Jelang Lebaran, Dinkes Pacitan Siaga Penuh

| Kepala Dinas Kesehatan Pacitan Rahmad Dwiyanto |
HERAPRI.ID - Menghadapi Hari raya idul fitri 1437 H/2016 Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan menyiapkan langkah antisipasi.Baik dalam menghadapi musim mudik lebaran maupun pelayanan kesehatan selama idul fitri.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Pacitan Rahmad Dwiyanto, pihaknya menyiapkan tiga langkah strategis. langkah pertama melakukan pengawasan serta razia terhadap peredaran makanan dan minuman (mamin) menjelang idul fitri. Langkah ini diambil untuk mengantisipasi beredarnya mamin tidak layak konsumsi.

Langkah berikutnya adalah penanganan kedaruratan. Semisal terjadi kecelakaan lalu lintas, kecelakaan di tempat-tempat wisata maupun antisipasi bencana alam. 

Beberapa petugas kesehatan ditempatkan pada sejumlah titik seperti terminal, lokasi peristirahatan pemudik serta lokasi wisata.

Langkah terakhir antisipasi Kejadian Luar Biasa (KLB) pasca lebaran. Seperti, munculnya KLB penyakit akibat gangguan pencernaan serta kemunculan penyakit impor semisal Malaria. Khusus kasus terakhir Dinas Kesehatan Pacitan minta kepada pendatang dari luar jawa yang pernah memiliki riwayat atau sedang terjangkit malaria untuk melapor ke puskesmas setempat.Hal ini guna mengantisipasi agar tidak terjadi penyebaran di masyarakat.

"Kita minta mereka pro aktif namun kita juga sediakan pos pos kesehatan di terminal kedatangan untuk memudahkan masyarakat melapor," Katanya.

Selama musim lebaran seluruh puskesmas dan rumah sakit wajib membuka layanan 24 jam. Hal ini tak pelak mengharuskan  petugas kesehatan siaga penuh melayani masyarakat.Termasuk kesiap siagaan armada kesehatan ambulance jika sewaktu waktu terjadi masalah darurat.

No comments: