6 Gejala Anda Menderita Kencing Manis - HERAPRI.ID

Latest

Monday, August 15, 2016

6 Gejala Anda Menderita Kencing Manis

| Ilustrasi |
HERAPRI.ID - Diabetes mellitus adalah kondisi kronis yang mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menggunakan energi yang ditemukan dalam makanan. Ada tiga utama jenis diabetes yaitu diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional.

Semua jenis diabetes mellitus memiliki kesamaan. Biasanya, tubuh Anda memecah gula dan karbohidrat yang Anda makan menjadi gula khusus yang disebut glukosa. Tetapi sel-sel membutuhkan insulin, hormon dalam aliran darah Anda untuk mengambil glukosa dan menggunakannya sebagai energi.

Secara umum, ada beberapa penyebab diabetes mellitus seperti yang dilansir oleh Webmd antara lain:

1. Sering mengomsumsi pemanis buatan
2. Keturunan
3. Kurang tidur penyebab diabetes melitus
4. Malasnya melakukan aktivitas fisik
5. Sering stres
6. Kecanduan rokok
7. Pola Makan yang buruk

Sedangkan gejalanya bisa sangat beragam, dan relatif sulit dijadikan diagnosis dini tanpa pemeriksaan laboratorium. Setidaknya ada beberapa gejala awal yang bisa Anda pelajari.

1. Infeksi Saluran Kemih

Tanda yang pertama, penderita akan sering mengalami infeksi. Kadar gula darah yang tinggi membuat berbagai bakteri mudah berkembang. Itu alasan mengapa penderita diabetes mengalami gejala infeksi. Khusus untuk wanita, biasanya ditandai dengan infeksi saluran kemih yang terjadi akibat ketidakteraturan kadar glukosa tubuh Anda.

2. Hasrat seksual menurun

Wanita yang berpotensi terkena diabetes cenderung tidak mempunyai hasrat untuk berhubungan intim. Bagi pria, ini berkaitan dengan disfungsi ereksi.

3. Sering buang air kecil

Tanda klasik dari diabetes dan cukup umum dialami pria dan wanita, adalah sering buang air kecil. Anda harus memeriksakan diri segera.

4. Berat badan turun

Uniknya, meskipun terus lapar dan haus, penderita diabetes justru mengalami penurunan berat badan secara signifikan.

5. Luka lama sembuh

Gejala umum diabetes adalah luka yang tidak kunjung sembuh dan memakan waktu lebih lama dari biasanya. Jika hal ini terjadi, itu adalah isyarat diabetes.

6. Penyakit kulit

Infeksi kulit, ditambah dengan kesemutan di tangan dan kaki juga bisa jadi tanda-tanda diabetes. Perhatikan alarm tubuh yang membuat Anda harus memeriksakan diri ke dokter.

No comments: