Bolehkah Wanita Berenang Saat Menstruasi? - HERAPRI.ID

Latest

Monday, August 15, 2016

Bolehkah Wanita Berenang Saat Menstruasi?

| Ilustrasi |
HERAPRI.ID - Sebuah kolam renang di Thilisi, Georgia, membuat aturan kalau wanita tidak boleh berenang selama masa menstruasi. Sophia Tabatadze, anggota baru di kolam renang tersebut pun memposting tanda larangan itu ke akun Facebooknya.

"Apakah Anda menyadari betapa menjijikannya ini? Tulisnya. Menurut salah seorang pegawai mengatakan kebijakan tersebut terkait dengan insiden ditemukannya tampon mengambang di air, seperti dikabarkan Huffingtonpost.

Siklus menstruasi seharusnya memang tidak mencegah Anda bisa menikmati hari di pantai atau kolam renang bersama keluarga, maupun teman-teman. Bahkan berenang dapat membantu mengurangi kram, dan meningkatkan mood.

Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum berenang saat haid, dilansir laman Wikihow.

1. Pakai tampon sebelum berenang

Meskipun berenang dapat mengurangi aliran menstruasi sementara, namun dengan memakai tampon membuat Anda menjadi nyaman. Tidak sanitasi bagi Anda pergi ke kolam renang bersama teman tanpa memakai tampon.

Jika memakai tampon Anda tak perlu khawatir akan kebocoran. Ingat, ganti tampon setelah beberapa jam. Jangan biarkan memakai tampon selama delapan jam.

Berenang memakai pembalut tidak dianjurkan, karena akan basah. Sehingga tidak akan menyerap kebocoran apapun.

2. Membawa persediaan ekstra

Jika Anda memakai tampon, dan berada sepanjang hari di air gantilah beberapa kali. Anda bisa menggantinya setiap tiga sampai empat jam.

Usai berenang, Anda bisa kembali menggunakan pembalut tanpa harus memakai tampon.

3. Pakai celana pendek

Anda tidak nyaman memakai tampon dalam balutan bikini? Anda bisa menggantinya dengan celana pendek untuk perlindungan ekstra. Tunjukkan gaya seru Anda meski memakai celana pendek yang dipadukan baju renang.

Pilihlah celana yang tidak terlalu longgar, dan warna yang gelap sehingga tidak terlalu menarik perhatian banyak orang.

4. Baju renang warna gelap

Tak berbeda dengan celana pendek, saat menstruasi sebaiknya Anda memakai pakaian renang dengan warna gelap, untuk menghindari ketakutan Anda akan kebocoran.

5. Berenang dengan tenang

Berenanglah penuh keyakinan. Jangan terus menerus memeriksa bagian belakang Anda setiap lima menit sekali. Cobalah untuk mengabaikannya.

Mintalah seorang teman dekat untuk mengingatkan Anda jika melihat masalah.

6. Lindungi diri dari kembung dan kram

Meskipun tidak ada cara pasti, tapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir kram atau kembung selama berenang dalam kondisi menstruasi. Hindari makanan yang digoreng, asin, atau umumnya tidak sehat serta kafein.

No comments: