Cara Merawat Kenari Saat Sakit - HERAPRI.ID

Latest

Monday, August 29, 2016

Cara Merawat Kenari Saat Sakit

| Burung Kenari |
HERAPRI.ID - Berbicara mengenai burung kenari wartapacitan.com akan sedikit mengulaskan beberapa cara merawat kenari yang sedang sakit. Kenari adalah termasuk dari beberapa burung cerdas seperti beo dan lain lain namun beberapa kesamaan burung kenari dengan burung lainnya adalah jika sedang sakit maka burung cenderung menyembunyikan sakitnya tersebut dan ini adalah hal yang lumrah.

Bagi binatang dan inilah yang dinamakan siklus pertahanan diri. Dengan menyembunyikan penyakit yang sedang dialaminya burung atau hewan lain bisa terhindar dari target mangsa dari predator karena predator lebih suka jika calon mangsanya adalah hewan atau burung yang sedang tidak dalam keadaan yang fit untuk itu burung kenari menyembunyikan sakitnya tersebut agar ingin tampil sehat dihadapan predator sehingga tidak dijadikan burung target sasaran makanannya.

Oleh karena itu jika anda memelihara kenari dan bila kenari anda sedang sakit maka yang diharuskan mengetahuinya adalah anda sendiri karena jika anda terlambat mengetahui dan merawat burung kenari yang sakit tersebut maka yang terjadi akan fatal karena jika sudah parah penyakitnya dan anda belum mengetahui atau melakukan tindakan penyelamatan maka burung kenari anda bisa mati. 

Ciri ciri kenari yang sedang sakit diantaranya :
  • Bulu kenari mengalami sedikit perubahan yakni berwarna kusam dan lusuh
  • Bulu sekitar leher terlihat gerak gerak (seperti merinding)
  • Sering terlihat seperti mengantuk (terkadang memejamkan mata dan terantuk)
  • Dan jika diperhatikan burung lebih banyak terdiam dan pasif

Jika anda menemukan ciri ciri yang demikian pada burung kenari anda maka secepatnya anda melakukan tindakan perawatan kenari yang sedang sakit dengan cara :
  1. Memberikan pakan ekstra dan memanjakannya seperti bayi, jika kenari anda enggan makan maka jangan segan-segan menyuapinya dengan bubur bayi seperti layaknya seorang bayi , dan berikan makanan kesukaan kenari seperti telur puyuh rebus, biji sawi dan buah buahan seperti apel merah dan lain-lain.
  2. Berikan minuman dengan air matang yakni air yang sudah anda masak atau berikan air mineral yang bisa anda campur dengan obat atau vitamin tertentu untuk meningkatkan daya tahan tubuh kenari terhadap penyakit.
  3. Hangatkan sekitar kenari dengan memberikan lampu tambahan jika musim penghujan telah tiba atau waktu malam hari (usahakan) dengan tetap dikrodong karena jika tidak maka kenari akan lebih sering terbangun dengan keadaan yang terang.
  4. Dan yang terakhir adalah berikan rasa ketenangan dan kenyamanan , mungkin kenari anda sakit karena stress dan merasa terancam sehingga anda perlu memastikan bahwa lingkungan sekitar kenari anda aman dan nyaman sebagai tempat tinggal burung kenari anda.
Sumber : planetkicau.blogspot.com

No comments: