Kata Dokter Soal Kebiasaan Menyikat Gigi Segera Setelah Makan - HERAPRI.ID

Latest

Thursday, August 11, 2016

Kata Dokter Soal Kebiasaan Menyikat Gigi Segera Setelah Makan

| Ilustrasi |
HERAPRI.ID - Dianjurkan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari yakni setelah makan pagi alias sarapan dan sebelum tidur malam. Nah, bagaimana dengan orang yang langsung menyikat gigi segera setelah sarapan?

Menanggapi hal ini, Dr Mervyn Druian dari London Centre for Cosmetic Dentistry, mengatakan terutama pada anak-anak, sebaiknya orang tua menganjurkan agar mereka tidak langsung menyikat giginya setelah sarapan. 

"Ini adalah hal terburuk yang bisa dilakukan. Konsumsi makanan pada dasarnya menyebabkan penumpukan asam di mulut yang dapat melembutkan enamel gigi untuk sementara waktu. Belum lagi jika Anda minum jus saat sarapan, maka mulut bisa lebih asam," kata Druian seperti dikutip dari Daily Mail.
Nah, ketika langsung menyikat gigi segera setelah sarapan, maka secara tak sadar Anda sudah menyikat enamel dari gigi. Untuk itu, Druian lebih menyarankan untuk menyikat gigi segera setelah Anda bangun tidur dan kemudian sikat gigi kembali saat sebelum tidur.

Seperti dilansir detikhealth, Ia juga menyoroti kebiasaan beberapa orang yang minum air hangat plus air lemon di pagi hari, kemudian menyikat giginya langsung setelah minum 'ramuan' tersebut. Hal itu juga sama buruknya dengan langsung menyikat gigi sesaat setelah sarapan, demikian disampaikan Druian.

Dikutip dari Times of India, Dr Anurag Singh, dari Max Superspeciality Hospital Saket, New Delhi menganjurkan agar Anda memberi jeda setidaknya 30 menit jika hendak menyikat gigi setelah sarapan. Tujuannya, untuk menetralkan asam. 

"Yang tak kalah penting, pilihlah sikat gigi yang lembut dan jangan menyikat gigi terlalu kuat. Kesalahan seperti ini dapat berisiko menimbulkan iritasi pada gusi dan gigi," kata Singh.

Jika menggunakan pasta gigi berfluoride, Druian menyarankan untuk tidak langsung berkumur-kumur, setidaknya ludahkan dulu sisa busa pasta gigi di mulut, lalu tunggu beberapa menit baru kemudian berkumur. Cara ini bertujuan untuk memaksimalkan kerja fluoride pada gigi.

"Jika memungkinkan, jangan makan dan minum 30 menit setelah Anda menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride," ujar Druian.

No comments: