Beredar Foto Ijab Qabul Memakai Dekorasi Di Dalam Masjid, Ini Tanggapan Takmir Masjid Agung Darul Falah Pacitan - HERAPRI.ID

Latest

Tuesday, September 20, 2016

Beredar Foto Ijab Qabul Memakai Dekorasi Di Dalam Masjid, Ini Tanggapan Takmir Masjid Agung Darul Falah Pacitan

| Heboh Resepsi di Masjid Agung Pacitan |
HERAPRI.ID - Beberapa hari ini warga di Kabupaten Pacitan dikagetkan dengan foto-foto yang beredar di media sosial perihal prosesi ijab qabul di Masjid Agung Darul Falah Pacitan. Pasalnya, ijab qabul yang dilakukan di dalam masjid tersebut menggunakan dekorasi.

Sebagian netizen berkomentar tidak apa-apa. Yang lainnya, menyayangkan hal tersebut karena tidak sesuai dengan etika. 

Seperti Kresno Adiluhung yang berkomentar "Menawi kangge ijab qobul mbok mboten usah d dekor to nggh". 

Atau Yuana yang berkomentar "harusnya pihak takmir atau dewan masjid bs mencegah saat pemasangan dekor. klo memang perjanjian awal dg pihak kluarga tdk semacam ini. sayangnya di biarkan. bukannya pasang sekor itu jg perlu waktu, artinya ada waktu utk mencegah".

Cowor Anang  yang berkomentar "Bukan dilepas masalah sepatu sandalnya tapi kalau dihias seperti itu kan ruangan induk yang harus dsakralkan ...".

Menanggapi hal tersebut, akhirnya pihak takmir Masjid Agung Darul Falah Pacitan menyampaikan hal sebagai berikut.
  1. Dua minggu sebelumnya Jhon Vera Tampubolon alamat Kelurahan Baleharjo Pacitan, meminta izin via Telepon kepada Imam Sofingi untuk memakai Masjid Agung Darul Falah untuk ijab Qabul Puterinya.
  2. Jum'at tanggal 16 September 2016, ba'da Ashar, Jhon Vera Tampubolon konfirmasi lagi kepada Takmir, menyampaikan bahwa puterinya tidak bisa duduk bersimpuh di lantai terlalu lama, dikarenakan sakit. Sehingga meminta izin untuk memakai kursi selama ijab qabul.Setelah dikonfirmasikan ke beberapa pengurus dan sesepuh Masjid Agung, diperbolehkan memakai kursi untuk ijab qabul dengan catatan kursinya harus diberi alas karpet demi menjaga kebersihan masjid dan berpakaian muslim/muslimah.
  3. Dalam pelaksanaannya pada hari Sabtu tanggal 17 September 2016 ternyata disamping kanan kiri kursi dihiasi ornamen yang berlebihan dengan kain dan bunga-bunga. Sehingga terkesan seperti di Gedung. Hal ini diluar dugaan pihak Takmir Masjid Masjid Agung Darul Falah Pacitan.
  4. Yang perlu diketahui khalayak adalah : Acaranya hanya untuk ijab Qabul saja bukan resepsi dan tidak ada acara makan-makan, seperti isu yang beredar di media sosial.
  5. Berkaitan dengan hal diatas, atas nama Takmir Masjid Agung Darul Falah Pacitan yang memberikan izin kepada Jhon Vera Tampubolon, "Memohon maaf kepada masyarakat muslim Kabupaten Pacitan" Dan berjanji untuk lebih selektif dalam memberi izin pelaksanaan aqad nikah.
                                                                                                                      Pacitan, 19 September 2016
                                                                                          a.n Takmir
                                                                                        Sekretaris


                                                                                             Bambang HS

No comments: