Pacitan Lakukan Simulasi Bencana Bersama 20 Negara di Dunia - HERAPRI.ID

Latest

Thursday, September 08, 2016

Pacitan Lakukan Simulasi Bencana Bersama 20 Negara di Dunia

| Simulasi Bencana |
HERAPRI.ID - Pacitan merupakan salah satu daerah di tanah air yang berperan aktif dalam kegiatan tersebut selain Padang dan Pangandaran. Geladi serentak juga melibatkan 20 negara di dunia yang berbatasan dengan Samudera Hindia.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Pacitan Tri Mujiharto berharap kesiapsiagaan masyarakat terus meningkat seiring penguasaan pemahaman terhadap pengurangan risiko bencana.

"Yang ada di lapangan tadi adalah suatu pengembangan bagaimana situasi simulasi yang ada di Mentawai itu bisa diakses oleh masyarakat Pacitan terutama dalam kesiapsiagaan menghadapi kemungkinan timbulnya ancaman tsunami," ujarnya kepada wartawan di Posko BPBD, Jl Walanda Maramis, seperti dikutip dari rri.co.id.

Simulasi juga menyita perhatian pimpinan daerah. Bupati Indartato bersama wakil bupati Yudi Sumbogo dan Sekda Suko Wiyono meninjau tiga lokasi kegiatan. Yakni posko utama di kantor BPBD, MIN Sidoharjo, dan tempat evakuasi sementara Lapangan Jambu, Desa Bangunsari. Indartato pun berjanji menambah sarana pemandu pada sejumlah jalur evakuasi. 

"Kita harus mengantisipasi semuanya. Sehingga nanti akan kami pasang rute-rute kalu terjadi hal yang tidak kita inginkan. Evakuasinya akan kita jelaskan lagi meskipun tiga tahun yang lalu sudah. Ini akan kita sempurnakan tahun 2017," tandasnya seraya memuji tingginya antusiasme warga mengikuti geladi.

Kegiatan IOWAVE 2016 di Kabupaten Pacitan tersebar di 4 lokasi berbeda. Yakni MIN Sidoharjo, PT PPIS Jalan Dewi Sartika, SDN Sidomulyo 4 Kecamatan Ngadirojo, dan PLTU Sudimoro. Meski sempat diwanai insiden siswa terjatuh saat evakuasi, namun seluruh rangkaian geladi berjalan lancar.

No comments: