Tidur Siang yang Panjang Bisa Jadi Tanda Bahaya Diabetes Tipe-2 - HERAPRI.ID

Latest

Sunday, September 18, 2016

Tidur Siang yang Panjang Bisa Jadi Tanda Bahaya Diabetes Tipe-2

| Ilustrasi |
HERAPRI.ID - Tidur siang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun bila dilakukan terlalu lama aktivitas ini bisa juga jadi pertanda lain. Seperti ditemukan oleh studi peneliti Jepang bahwa bila seseorang sering tidur siang lebih dari satu jam maka dirinya disarankan wajib waspada diabetes tipe-2.

Hubungan antara tidur siang dengan diabetes diketahui setelah peneliti melihat data lebih dari 300 ribu orang. Salah satu gejala orang dengan diabetes memang diketahui seringnya merasa lelah dan mengantuk. 

Dipresentasikan dalam European Association for the Study of Diabetes, menurut peneliti tidur siang lebih dari 60 menit diasosiasikan dengan peningkatan risiko diabetes hingga 45 persen. Namun demikian tidak ada asosiasi peningkatan risiko bila seseorang tidur siang kurang dari 40 menit.

Peneliti mengatakan ada dua kemungkinan mengapa hal ini terjadi. Pertama mungkin orang yang tidur siang lebih lama karena malamnya kurang tidur dan pola tidur yang berantakan tersebut jadi pemicu timbulnya diabetes tipe-2. Kemungkinan kedua adalah orang tersebut memang sudah memiliki diabetes tipe-2 dan karena gejalanya mudah lelah dan mengantuk mendorong tidur siang lebih lama.

"Bisa juga karena faktor risiko yang menyebabkan diabetes itu sendiri mendorong orang tidur siang. Hal ini mencakup seperti kadar gula tinggi yang berarti tidur siang (lama -red) dapat menjadi tanda peringatan awal diabetes," kata ahli metabolik dari University of Glasgow, Profesor Naveed Sattar, seperti dikutip dari BBC.

Meski demikian peneliti mengatakan studi masih perlu dikembangkan lebih jauh. Perlu dilakukan eksperimen untuk membuktikan bahwa memang tidur lebih dari 1 jam punya dampak nyata tak hanya sekadar observasi saja. (rwp001)

Sumber : detikhealth

No comments: