5 Cara Teraneh tapi Efektif Membasmi Ketombe - HERAPRI.ID

Latest

Saturday, October 08, 2016

5 Cara Teraneh tapi Efektif Membasmi Ketombe

| Ilustrasi Rambut Berketombe |
HERAPRI.ID - Rambut berketombe kerap membuat mereka yang memilikinya kurang percaya diri. Pasalnya, sebagian besar dari mereka memilih untuk tidak mengenakan pakaian berwarna hitam saat bepergian. Terlebih, mereka akan kewalahan berupaya membasahi bagian rambut yang banyak ketombenya dengan air secara terus-menerus agar butiran-butiran kecil berwarna putih di rambutnya tersamarkan.

Penyebab munculnya ketombe pada rambut bermacam-macam. Mulai dari kulit kepala kering atau seborrheic dermatitis, eczema, psoriasis, jamur yang berkembang biak dan merajalela, salah pilih sampo, udara panas, hingga mencuci rambut kurang bersih. Semua hal ini tergolong sebagai penyebab utama pemicu timbulnya ketombe di rambut.

Untuk beberapa orang, kondisi ini bertahan lebih lama dari yang mereka bayangkan. Tentunya tidak ada yang mau secara terus-menerus diganggu dengan keberadaan ketombe. Oleh karena itu, sangat penting untuk mereka yang memiliki ketombe di rambutnya, terutama yang sudah tersiksa dengan kondisi ini dalam kurun waktu lama, mencoba cara lain selain menggunakan sampo anti-ketombe untuk membasminya secara keseluruhan.

Meski ribuan sampo anti-ketombe sudah tersedia di mana saja, bukan berarti itu akan bekerja secara efektif pada kulit kepala semua orang.

Ada sejumlah cara alami yang unik untuk para penderita rambut berketombe coba di rumah. Berikut cara-caranya seperti dimuat laman Readers Digest, Jumat (7/10/2016).

Aspirin

Tumbuk dua pil aspirin hingga menjadi bubuk halus. Campurkan pada sampo yang akan kita gunakan untuk membersihkan rambut kita saat mandi. Pijat perlahan-lahan bagian kepala yang paling parah dikuasai oleh ketombe menggunakan semua jemari kita. Kemudian, bilas hingga bersih.

Tea tree oil

Teteskan tea tree oil atau minyak melaleuca ke botol sampo sebanyak tiga kali. Kemudian, sama halnya seperti penerapan yang dilakukan menggunakan aspirin, keramaskan rambut dengan sampo yang sudah dicampur tea tree oil sampai bagian kulit kepala terasa sejuk. Bilas hingga bersih rambut Anda dan pastikan jangan ada yang tertinggal karena sangat berpotensi untuk mengendap dan bersarang dalam rambut.

Obat kumur

Bilas rambut yang penuh dengan sampo menggunakan obat kumur. Lalu, pakaian conditioner khusus di bagian ujung saja karena pemakaian pada pangkal rambut cenderung membuatnya berminyak dan terlihat lepek. Bilas ujunbg rambut yang telah dipakaian conditioner, juga dengan obat kumur.

Garam

Taburkan 1 sendok teh garam pada bagian rambut yang paling banyak ketombenya. Pijat perlahan-lahan agar kulit kering di bagian kepala bisa secara perlahan-lahan terangkat oleh serbuk garam yang telah ditaburkan. Setelah merasa puas menggaruk halus kulit kepala yang gatal dengan garam, bergegaslah untuk keramaskan rambut dan bilas dengan air dingin nantinya.

Bawang

Sama seperti garam, bawang diiris atau dipotong-potong hingga ukurannya menjadi sangat kecil. Potongan bawang itu kemudian diletakkan di bagian kepala dan dipijat perlahan-lahan ke segala arah agar kandungannya meresap dan bisa membantu mengeliminasi bakteri yang terbukti memicu timbulnya ketombe pada rambut Anda.

Sumber : health.liputan6.com

No comments: