6 Tips Bersihkan Telinga Bayi dengan Aman - HERAPRI.ID

Latest

Tuesday, October 18, 2016

6 Tips Bersihkan Telinga Bayi dengan Aman

| Ilustrasi Bersihkan Telinga |
HERAPRI.ID - Membersihkan telinga bayi penting untuk mencegah penumpukan kotoran dan menghilangkan sel-sel mati. Patut diingat, kotoran telinga bukan zat berbahaya yang menyebabkan infeksi atau memengaruhi pendengaran bayi.

Kotoran telinga adalah zat yang diproduksi untuk melindungi telinga bagian dalam dari kuman dan zat asing. Namun meski penting, membersihkan telinga bayi harus dilakukan dengan hati-hati.

Saat membersihkan telinga bayi banyak komplikasi yang bisa terjadi dan berujung pada masalah serius seperti infeksi. Jika tidak dilakukan dengan teknik yang benar, membersihkan telinga bayi juga bisa mengakibatkan rusaknya gendang telinga maupun rusaknya pendengaran.

Untuk itu, detikHealth merangkum 6 tips membersihkan telinga bayi dengan aman. Berikut penjelasannya:

1. Lakukan saat mandi

Mandi adalah waktu terbaik untuk membersihkan telinga buah hati. Pasalnya telinga bayi cenderung basah dan sangat mudah untuk dibersihkan. Gunakan kain yang lembab untuk membersihkan bagian luar telinga bayi. Kemudian bersihkan juga bagian dalam lipatan telinga dan seka kotoran-kotoran yang telah kering.

2. Gunakan air hangat

Saat memandikan bayi, sekalah telinga mungil mereka dengan kain hangat. Jika dilakukan dengan rutin, hal ini dapat menjaga telinga bayi selalu bersih. Cara ini dapat membersihkan telinga dari akumulasi sel kulit mati serta kotoran telinga.

3. Jangan gunakan cotton bud

Sebaiknya Anda tidak memasukkan kapas penyeka seperti cotton buds ke dalam telinga bayi. Untuk membersihkan telinga bayi lebih spesifik, Anda dilarang memasukkan sebuah benda jauh ke dalam lubang telinga bayi. Pasalnya cara ini dapat merusak gendang telinga yang pada akhirnya akan menyebabkan berbagai komplikasi lebih lanjut.

4. Tetes telinga

Jika kotoran pada telinga bayi tetap saja bertambah, Anda bisa menggunakan tetes telinga. Namun sebelum menggunakannya, pastikan Anda telah berkonsultasi ke dokter anak.

5. Hindari mengobati sendiri

Banyak orang yang lebih suka menggunakan metode pengobatan rumahan saat telinga bayi bermasalah. Padahal metode-metode tersebut tidak didukung secara medis. Jangan pernah mencoba-coba berbagai teknik secara asal karena bisa jadi justru menyebabkan infeksi. Jika menemukan masalah pada telinga bayi, sebaiknya Bunda berkonsultasi ke dokter.

6. Jangan bersihkan saat telinga kering

Membersihkan telinga bayi saat kondisinya kering bisa menyebabkan iritasi maupun luka. Sebaiknya gunakan kain basah untuk membersihkan telinga bayi. Salah satu kiat yang paling efektif adalah melakukannya ketika mandi karena kondisi telinga akan basah.

Sumber : detikhealth

No comments: