Berwisata Di Gunung Limo "Simbol" Pacitan - HERAPRI.ID

Latest

Tuesday, October 18, 2016

Berwisata Di Gunung Limo "Simbol" Pacitan

| Bupati Indartato di Gunung Lanang |
HERAPRI.ID - Salah satu gunung yang cukup terkenal di Pacitan adalah Gunung Limo. Terletak di Desa Mantren, Kecamatan Kebonagung, Gunung Limo dapat diakses melalui terminal Arjowinangun menuju Kecamatan Kebonagung melalui JLS melewati Desa Gawang, Desa Sidomulyo, dan belok kiri setelah sampai di Flyover Gayam lalu masuk Desa Mantren ikuti jalan menanjak ke arah Gunung Limo.

Gunung Limo ini terdiri dari lima gunung, yaitu Gunung Gembuk, Gunung Pakis Cakar, Gunung Lanang, Gunung Kukusan, dan Gunung Lima Mantren. Namun yang lebih di kenal sebagai Gunung Limo dan lebih sering di kunjungi adalah Gunung Limo Satu atau Gunung Limo Mantren.

Jalur pendakian Gunung Limo diawali melewati pelataran gunung keatas melewati semak belukar dan pepohonan lebat penuh akar-akaran sebagian ada alat bantu Tali lalu melewati tangga dari besi kemudian lewat sebuah pintu batu yang sangat sempit sehingga pendaki harus berjalan miring, setelah itu di bagian dekat puncak akan ditemui batu Pongaan. Di batu Pongaan tersebut pengunjung atau pendaki dapat melihat bebas wilayah-wilayah pedesaan dan perkotaan yang terletak dibawahnya.

Konon menurut sejarah gunung Limo adalah tempat bertapanya Ki Tunggul Wulung. Beliau di kenal sebagai pertapa yang sakti. Sehingga sampai saat ini Gunung Limo tetap memiliki kharisma.

Menurut cerita, jika berkunjung ke Gunung Limo, pengunjung bisa menikmati jenis buah yang rasanya sangat lezat. Hanya saja, yang bisa menikmati buah tersebut orang yang bernasib baik atau beruntung saja. Dan, jika diperlihatkan buah ini, sebaiknya di makan saja di tempat. Karena, jika buah tersebut hendak dibawa pulang, maka buah tersebut konon akan hilang atau berubah menjadi batu. 

No comments: