Bupati Warning Kades Untuk Perhatikan Warga Miskin - HERAPRI.ID

Latest

Wednesday, October 05, 2016

Bupati Warning Kades Untuk Perhatikan Warga Miskin

| Bantuan Program Grindulu Mapan |
HERAPRI.ID - Bupati Indartato menekankan pentingnya akurasi dan sinkronisasi Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) dengan kondisi sebenarnya di lapangan. Pernyataan itu disampaikan Bupati, saat melakukan tilik warga di Kecamatan Kebonagung.

Orang nomor satu di Pacitan itu minta Kepala desa bersama jajaran serta tokoh masyarakat mencermati kondisi warga kurang mampu. Dimungkinkan, masih ada warga pra-sejahtera yang belum terjaring PPLS. Jika ditemukan, maka harus segera dilaporkan agar segera tertangani. 

"Intinya, saya tidak ingin ada keluarga miskin yang tidak mendapatkan haknya. Jika datanya akurat maka program penanganan kemiskinan pasti tepat sasaran," kata Bupati Indartato seperti dikutip dari laman pacitankab.go.id.

Melalui program Grindulu Mapan lanjut Bupati Indartato, warga miskin yang belum masuk data PPLS dapat masuk program unggulan Bupati Indartato itu. Pun demikian, pemerintah akan berupaya memasukkan data keluarga miskin tersebut untuk dapat program PPLS seperti yang lain.

Masih adanya data keluarga miskin yang belum terjaring PPLS diamini Kepala Desa Karanganyar Pipit Handoko. Menurutnya, ada belasan warga di wilayahnya yang belum masuk PPLS. Atas temuan tersebut pihak desa sudah memberikan pelaporan kepada Pemerintah daerah.

"Alhamdulillah, warga kami yang belum masuk PPLS sudah mendapat pengganti melalui Grindulu Mapan," Katanya.  

Dalam kesempatan berdialog dengan warga Bupati Indartato juga menekankan masyarakat untuk melengkapi diri dengan administrasi kependudukan. Terutama KTP bagi yang sudah usia wajib . Administrasi kependudukan ini menurut Bupati sangat penting karena banyak menjadi pra-syarat mengurus berbagai hal.

Saat ini, masih ada ribuan warga Pacitan yang belum mengantongi KTP. Alasanya beragam mulai dari alasan merantau, jompo hingga masih belum memiliki waktu karena kuliah diluar kota. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sendiri sudah berupaya maksimal.Selain gencar sosialisasi juga melakukan jemput bola mengoperasikan dua unit mobil pelayanan keliling.

No comments: