Dasar Teknik Mengendarai Sepeda Motor Trail - HERAPRI.ID

Latest

Wednesday, October 05, 2016

Dasar Teknik Mengendarai Sepeda Motor Trail

| Ilustrasi Motor Trail |
HERAPRI.ID - Buat rekan-rekan pecinta offroad roda dua, berikut gambaran singkat terkait olahraga roda dua khususnya motokros, grasstrack dan offroad. 

Gambaran pelatihan tersebut bertujuan agar para pengendara dapat dengan benar dan relatif aman melalui rintangan-rintangan yang cukup berbahaya. 

Hal itu perlu karena peminat terhadap olahraga ini semakin banyak, sementara hanya sedikit sekali organisasi bermotor yang berkepentingan untuk memberi panduan. Sehingga banyak awam yang mengalami cidera dan akhirnya berhenti melakukan olahraga ini.

Berikut Dasar Teknik Mengendarai Sepeda Motor Trail.

1. Pre riding preparation

Kelengkapan pelindung tubuh dan Pengenalan olah raga offroad roda dua

2. Bike inspection and warming up
Bike inspection and warming up
Sering terjadi sepedamotor anda tidak dapat berfungsi dengan baik akibat kelalaian dari pengendara. Selain perawatan yang teratur, setiap kali hendak berkendara, pengendara harus melakukan pemeriksaan ulang terhadap bagian tertentu. Bagian sepedamotor yang harus diperhatikan sebelum menjalankan kendaraan adalah:

a) Tangki bahan bakar
b) Oli mesin
c) Kabel-kabel rem, kopling dan gas
d) Pengoperasian tuas-tuas rem, kopling, dan perseneling
e) rantai serta gir depan maupun belakang
f) Jari-jari roda
g) Saringan udara
h) Busi serta pengapian

Pemanasan tubuh sebelum berkendara

Banyak pengendara mengabaikan hal yang penting ini, yaitu pemanasan. Pengolahan tubuh dengan pemanasan bertujuan untuk melenturkan otot-otot agar tidak kaku.

Kelenturan dalam berkendara sangat diperlukan karena :

- Meningkatkan daya refleksi terhadap faktor2 berbahaya yang datang tiba-tiba
- Stamina selama berkendara lebih terjaga
- Otot-otot tidak terkejut melakukan olahraga berat secara tiba-tiba

Olah raga pemanasan di lakukan pada seluruh bagian tubuh diawali dengan berlari ditempat secukupnya lalu diikuti pergerakan berulang (senam) dimulai dari bagian atas. Perlu diperhatikan kelenturan pada bagian-bagian:

a) Leher
b) Lengan
c) Pergelangan tangan
d) Perut dan pinggang
e) Punggung
f) Paha
g) Betis
h) Pergelangan kaki

Lakukan pemanasan seperti pada olahraga-olahraga lain pada umumnya. Sebelum berkendara pemanasan ini tidak perlu dilakukan terlalu banyak, hanya secukupnya saja.

3. Teknik berkendara di berbagai rintangan (teori, demo dan praktek)
a. Posisi tubuh yang baik di atas sepeda motor
b. Penguasaan kendaraan
c. Pengenalan jenis lintasan
  • Melihat kondisi lintasan di depan dengan cepat, akan memperkecil resiko terjatuh. Dengan mengantisipasi jenis tanah, jalan berbatu, kubangan berlumpur, licin atau genangan air. Setiap jenis lintasan memerlukan teknik berkendara yang berbeda, hal ini menuntut pengendara motor trail memerlukan teknik yang lebih banyak dibandingkan mengendarai kendaraan jenis lain.

d. Teknik melewati tanjakan, turunan serta jalan bergelombang
e. Teknik menikung

4. Free Fun Riding
Free fun riding
Sering melakukan fun riding atau cros country membuat kita semakin menganl karakteristik motor, sehingga kita lebih mudah untuk mengontrol motor

5. Evaluasi hasil pelatihan
Evaluasi hasil pelatihan
Selalu mengevaluasi hasil latihan kita, sehingga kita bisa mengetahui sejauh mana kita menguasai teknik dalam melakukan ofroad atau adventure.

Teknik Jumping/ melompat
Teknik jumping / melompat
Jumping dalam olahraga motokros atau enduro merupakan tontonan yang paling menarik sekaligus paling membahayakan. 85% cedera serius pembalap motokros terjadi ketika melakukan aksi jumping. Jangan main-main dengan yang satu ini, apabila belum menguasai tekniknya sebaiknya hindari aksi ini.

Dalam pelatihan ini akan diajarkan teknik dasar melompat bukan dengan kecepatan serta terbang tinggi tetapi sekali lagi, bagaimana menyikapi pengendara menghadapi rintangan seperti ini dengan aman.

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melewati rintangan ini:

- Pemilihan jalur
- Jarak tempuh awalan
- Sudut kemiringan rintangan
- Kesiapan dan kelenturan tubuh
- Posisi tubuh
- Kecepatan sepeda motor
- Penggunaan suspensi sepeda motor
- Melayang dengan terkontrol
- Mendarat dengan baik

Demikian gambaran secara global tentang teknik dasar mengendarai sepeda motor trail, Semoga bermanfaat...

Sumber : kaskus.co.id

No comments: