Konsumsi Rutin Ikan Dapat Tingkatkan Kualitas Anak - HERAPRI.ID

Latest

Tuesday, October 25, 2016

Konsumsi Rutin Ikan Dapat Tingkatkan Kualitas Anak

| Kegiatan Gemar Ikan |
HERAPRI.ID - Wilayah Kabupaten Pacitan yang berada di pesisir selatan Jawa cukup potensial untuk pengembangan perikanan. Baik perikanan laut maupun darat. Khususnya untuk peningkatan gizi dan kualitas pangan keluarga. 

"Anak-anak akan memiliki kecerdasan lebih baik dengan mengkonsumsi ikan secara rutin," kata Ketua Forikan Kabupaten Pacitan Luki Indartato saat memberikan sambutan pada kegiatan Gemarikan di SDN Pucangsewu, Selasa (25/10).

Menurut istri Bupati Indartato itu dibutuhkan kerjasama yang baik antara guru di sekolah dan para orang tua. Hal tersebut penting karena faktor kebiasaan. Dimana pada anak-anak kebiasaan makan secara teratur sulit dilakukan. Sebab mereka lebih fokus untuk bermain. 

"Ditingkat PAUD sepekan sekali ada kegiatan makan bersama. Anak-anak akan lebih senang jika gurunya yang memberi contoh," ucapnya seperti dilansir pacitankab.go.id.

Guna merangsang minat mengkonsumsi ikan pada anak-anak perlu sebuah inovasi. Salah satunya dengan upaya kreatif. Yakni menganekaragamkan menu makanan berbahan dasar ikan. Sehingga minat anak-anak akan bertambah. Beberapa jenis olahan makanan yang telah populer diantaranya tahu tuna, otak-otak ikan, maupun bakso tuna. 

Di Kota 1001 Goa sendiri kini telah ada 70 kelompok perajin makanan olahan berbasis ikan. Kelompok-kelmpk tersebut meruakan binaan dari Dinas Kelautan dan Perikanan yang berawal dari kelompok ibu-ibu nelayan. Melalui terobosan tersebut Luki Indartato berharap konsumsi ikan di Pacitan semakin meningkat. 

"Saat ini angka konsumsi ikan kita baru 16,26 kg/kapita setiap tahun dan kita optimis semakin lama semakin meningkat," pungkasnya. 

No comments: