Waspadai 7 Penyebab Alergi Paling Umum - HERAPRI.ID

Latest

Saturday, October 29, 2016

Waspadai 7 Penyebab Alergi Paling Umum

| Ilustrasi Alergi |
HERAPRI.ID - Reaksi alergi bukan hanya soal gatal dan sesak napas. Dalam beberapa jenis, alergi ada yang bersifat ringan dan fatal hingga berisiko meninggal dunia.

Maka itu, perlu untuk mewaspadai penyebab alergi dari makanan, cuaca hingga kontak kulit. Berikut ini beberapa penyebab alergi paling umum, seperti dilansir Healthline, Jumat (28/10/2016):

1. Alergi suhu udara

Bila Anda pernah mendengar ada istilah untuk alergi matahari ketika kondisi kulit gatal dan memerah. Ternyata hal ini bukan disebabkan oleh matahari, melainkan orang tersebut mengalami alergi terhadap suhu panas.

Dokter Spesialis Anak Sub-Spesialis Alergi-Imunologi dari RSCM, DR. dr. Zakiudin Munasir, Sp.A(K) beberapa waktu lalu sempat menyatakan, dalam kondisi tertentu, sel mast dalam tubuh yang merupakan salah satu sel tubuh manusia yang memproduksi dan bisa melepaskan suatu senyawa yang disebut histamin akan menyebabkan berbagai reaksi di tubuh seperti gatal, bengkak, sesak nafas dan sebagainya. Dalam kasus ini, antibodi tidak bisa
menahan suhu ekstrem tersebut. 

2. Alergi binatang dan serangga

Hewan juga bisa menyebabkan reaksi alergi. Jika Anda alergi terhadap kucing, anjing, atau hewan lain misalnya, Anda cenderung bersin, sesak, gatal-gatal dan ruam. 

3. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak adalah peradangan pada kulit yang ditandai dengan ruam gatal kemerahan, yang muncul akibat kontak dengan zat tertentu. Ruam yang muncul akibat peradangan ini tidak menular atau berbahaya, tapi bisa menyebabkan rasa tidak nyaman bagi penderita. 

Sumber : health.liputan6.com

No comments: