Belum Sampai Separuh Nelayan Terkover Asuransi - HERAPRI.ID

Latest

Monday, November 07, 2016

Belum Sampai Separuh Nelayan Terkover Asuransi

| Ilustrasi Nelayan |
HERAPRI.ID - Program pemerintah yang menjamin keselamatan nelayan ketika melaut melalui asuransi belum semuanta bisa dinikmati nelayan di Kabupaten Pacitan. Dari 3.500 nelayan, baru sekitar seribu orang yang sudah dijamin asuransi. Bantuan jaminan asuransi bagi para nelayan merupakan bagian dari program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). 

Bambang Marhaendrawan Kabid Pengelolaan Sumber Daya Kelautan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pacitan menjelaskan, nelayan yang belum berasuransi dikarenakan belum mampu memenuhi persyaratan. Beberapa persyaratan utama yang mengganjal sebagian besar nelayan di Pacitan untuk menikmati program pemerintah tersebut adalah kepemilikan kartu nelayan. 

Menurut dia, minimnya nelayan di Pacitan yang memiliki kartu nelayan karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Seperti mengisi formulir identitas secara online dan di KTP tertera pekerjaan sebagai nelayan. "Kartu nelayan tidak diberikan kepada warga yang mengaku hanya sebagai nelayan. Karena itu, tugas kita adalah melakukan verifikasi untuk pencocokan data itu," kata Bambang Marhaendrawan seperti dilansir radarmadiun.co.id.

Dengan adanya asuransi nelayan, kata Bambang, jika terjadi kecelakaan maka ahli waris nelayan tersebut berhak atas dana asuransi itu. Sedangkan, besarannya diperkirakan mencapai Rp 150-200 juta. Selain itu, jika terjadi kerusakan sarana dan prasarana nelayan ketika sedang melaut juga ditanggung asuransi. 

Disamping sebagai syarat mendapatkan asuransi, lanjut dia, kepemilikan kartu nelayan itu juga salah satu syarat bagi nelayan agar tepat sasaran penerima PUMP (Program Usaha Mina Perdesaan) perikanan tangkap.

No comments: