Bupati Indartato Ingin Napak Tilas Go Nasional - HERAPRI.ID

Latest

Tuesday, November 08, 2016

Bupati Indartato Ingin Napak Tilas Go Nasional

| Napak Tilas Jendral Sudirman |
HERAPRI.ID - Bupati Pacitan Indartato berharap Kegiatan Napak Tilas Rute Gerilya Panglima Besar Jenderal Soedirman di Pacitan lebih menggema dan menasional. Ungkapan orang nomor satu di Pacitan itu bukan tanpa alasan, mengingat sejarah perjuangan Jenderal Soedirman selama di Pacitan.

Seperti diketahui, selama memimpin perang gerilya, Jenderal Soedirman menetap cukup lama di wilayah Pacitan. Panglima Besar Jenderal Besar Soedirman tinggal sementara dirumah Karsosoemito, seorang bayan di Dukuh Sobo, Desa Pakisbaru, Kecamatan Nawangan. Selama 3 bulan 28 hari (107 hari), Sejak tanggal 1 April 1949 sampai 7 Juli 1949, rumah tersebut digunakan sebagai markas oleh Panglima Besar Jenderal Besar Soedirman.

"Hari ini ada karena hari kemarin. Kemerdekaan ini kita rasakan karena perjuangan para pahlawan. Untuk itu mari kita isi dengan hal yang positif," ungkap Bupati Indartato.

Napak tilas gerilya Panglima Besar jenderal Soedirman sendiri merupakan agenda dua tahunan yang digawangi Komite Nasional Pemuda (KNPI) Pacitan. Dalam kegiatan ini replika tandu Jenderal soedirman akan dibawa oleh peserta napak tilas, menempuh jarak 97 KM. Peserta akan berjalan kaki secara estafet selama 4 hari dan finish di Desa Pakisbaru Kecamatan Nawangan.

"Puncak kegiatan ini adalah peringatan hari Pahlawan 10 Nopember yang akan berlangsung di pelataran Monumen Sejarah Jenderal Soedirman," kata Ketua Panitia Napak Tilas, Hariyawan ST.

Pemberangkatan Peserta napak tilas gerilya Jenderal Soedirman dimulai dari halaman pendopo Balai Desa, Desa Klepu Kecamatan Sudimoro. Dari titik inilah peserta akan menempuh perjalanan melewati 6 kecamatan, yakni Sudimoro, Ngadirojo, Tulakan, Tegalombo, Bandar dan Nawangan.

Upacara pemberangkatan napak tilas dihadiri ketua Yayasan Jenderal Soedirman center yang sebelumnya memberikan hibah replika tandu Jenderal Soedirman. Bupati Pacitan Indartato bertindak sebagai inspektur upacara dan secara resmi memberangkatkan peserta napak tilas. Dalam kesempatan itu pula dipertontonkan sebuah fragmen kolosal perjuangan Jenderal Soedirman oleh siswa siswi SLTA se-kecamatan Sudimoro.

No comments: