Bisakah Penyakit Menular Seksual Didapat dari Toilet Umum? - HERAPRI.ID

Latest

Sunday, December 18, 2016

Bisakah Penyakit Menular Seksual Didapat dari Toilet Umum?

| Ilustrasi |
HERAPRI.ID - Saat menggunakan toilet duduk di tempat umum terkadang muncul pikiran, apakah saya bisa tertular penyakit menular seksual (PMS). Pikiran semacam ini kerap menghantui apalagi bila kondisi toilet tersebut tampak kotor. Namun sebenarnya, bisa tidak sih terinfeksi penyakit menular seksual dari toilet duduk umum?

Anda tak perlu khawatir. Menggunakan toilet duduk di tempat-tempat publik tidak akan terinfeksi penyakit menular seksual. Meskipun bakteri atau virus tersebut menempel di toilet duduk, mereka tidak akan bertahan lama hidup setelah tidak di dalam tubuh manusia. Hal ini diungkapkan pakar kesehatan seksual dari Sydney Sexual Health Centre, Australia, Professor Basil Donovan.

Seperti namanya, penyakit menular seksual itu penularannya lewat aktivitas seksual. Mulai dari hubungan seksual, seks oral, serta dalam beberapa kasus seperti kutil kelamin penularannya dengan kontak kulit ke kulit.

"Virus atau bakteri tidak suka kondisi yang kering atau panas. Sehingga kebanyakan organisme tersebut tidak bertahan lama, hanya bisa bertahan beberapa menit. Setelahnya mengering dan mati," tutur Donovan mengutip laman ABC.

Lalu, saat duduk di toilet, tidak ada bagian tubuh yang berpotensi terinfeksi penyakit menular seksual. Selain itu bentuk toilet duduk dirancang tidak menyentuh bagian genital.

Bila virus atau organisme penyebab PMS tersebut hanya menempel di kulit terluar, tidak bisa juga menularkan penyakit kelamin. Donovan menambahkan, selama bertahun-tahun ia menangani pasien, tidak pernah ada kasus penyakit menular seksual gara-gara penggunaan toilet umum.

Higienis di toilet umum

Anda tak perlu khawatir lagi bahwa toilet umum tidak bisa menularkan PMS. Namun, tetap ingat untuk menjaga kebersihan diri saat di toilet umum.

Salah satunya dengan mencuci tangan dan mengeringkan baik sebelum dan sesudah dari toilet. Hal ini penting untuk mencegah penyebaran kuman yang mempengaruhi sistem pencernaan.

Berikut tiga hal penting menjaga kebersihan di toilet seperti disampaikan Donovan:
  • Hindari menyentuh wajah sebelum mencuci tangan
  • Cuci tangan menggunakan sabun
  • Keringkan tangan

"Pengeringan tangan sama pentingnya dengan mencuci tangan. Jika tangan Anda basah, lalu menyentuh gagang pintu, itu akan membuat kuman di situ berkembang pesat," kata Donovan.

Sumber : health.liputan6.com

No comments: