Matikan Gadget Bisa Bikin Tubuh Ramping - HERAPRI.ID

Latest

Thursday, December 01, 2016

Matikan Gadget Bisa Bikin Tubuh Ramping

| Ilustrasi |
HERAPRI.ID - Selain diet, kebiasaan tidur sebenarnya juga berpengaruh pada berat badan Anda, seperti ditulis dalam jurnal Annals of Internal Medicine. Bahkan menurut temuan penelitian oleh Harvard University, tidur berkualitas baik juga bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Jadi, tidur sangat penting jika tujuan Anda adalah menurunkan berat badan. Untuk itu, ikuti aturan-aturan di bawah ini untuk membantu Anda dalam menurunkan berat badan, seperti dilansir dari Womenshealthmag :

1. Tidur selama 6,5 hingga 8,5 jam setiap malam

Dalam satu studi yang dilakukan oleh Brigham Young University, wanita yang tidur antara 6,5 dan 8,5 jam cenderung memiliki sedikit lemak ketimbang wanita yang kurang tidur.

2. Tidur pada saat yang sama setiap malam

Menurut studi yang sama, mengikuti jadwal tidur yang teratur dan sama setiap malam bisa menjaga tubuh ideal.

3. Atur suhu kamar tidur

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes, tidur dengan suhu 18 derajat celsius akan meningkatkan fungsi tubuh dalam membakar lemak, membantu metabolisme tubuh, dan meningkatkan sensitivitas insulin Anda.

4. Matikan lampu

Menurut studi 2014 yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology, wanita yang tidur di dalam kamar yang gelap, 21 persen lebih kecil kemungkinannya untuk gemuk dibandingkan dengan mereka yang tidur di kamar yang sangat terang.

5. Matikan gadget

Anda pasti sudah mendengar bahwa cahaya biru dari gadget Anda dapat menguras kadar melatonin (senyawa kimia yang berguna membantu Anda tertidur) dari tubuh Anda. Bahkan penelitian dari University of Granada di Spanyol juga menunjukkan bahwa kadar melatonin yang berkurang, dapat menaikkan berat badan. Kedua penelitian menyarankan untuk mematikan semua gadget Anda setidaknya 30 menit sebelum tidur.

6. Jangan lupakan faktor-faktor lain

Makan sehat dan menambah aktivitas ekstra seperti berolahraga ke dalam rutinitas harian Anda adalah komponen penting dalam menurunkan berat badan.

Sumber : health.liputan6.com

No comments: