Pantai Bawur, Destinasi Memukau Di Timur Pacitan - HERAPRI.ID

Latest

Tuesday, January 17, 2017

Pantai Bawur, Destinasi Memukau Di Timur Pacitan

| Indahnya Pantai Bawur Pacitan |
HERAPRI.ID - Pantai Bawur atau biasa di sebut teluk Bawur dulunya merupakan salah satu lokasi wisata pantai di Pacitan. Tapi kini teluk tersebut telah mengalami alih fungsi menjadi lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Dan menjadi satu-satunya pembangkit listrik yang ada di Pacitan tepatnya di Desa Sukorejo, Kecamatan Sudimoro.

Untuk mencapai pantai yang masih satu wilayah kecamatan dengan Pantai Kunir ini, dari arah Pacitan kota traveller ke arah timur, arah Kecamatan Kebonagung melalui JLS. Terus hingga melewati pantai Soge, dilanjutkan melalui pertigaan Lorok, ambil belok kanan arah Trenggalek. Nah ikuti terus jalur utama, maka traveller akan sampai di lokasi PLTU tersebut (Kelihatan dari jalan).

Setelah sampai di bukit barat teluk tersebut traveller pasti akan kagum menyaksikan pemandangan megah yang di dominasi dengan warna biru dengan cerobong asap tinggi menculang warna putih dengan cincin-cincin warna berwarna merah, yang menjadi ciri bangunan tersebut. Di bukit itu traveller bisa singgah sebentar untuk beristrahat. Sekedar melepas lelah sambil duduk-duduk di tempat duduk dari bambu yang beratapkan alami yaitu daun pohon talok yang menyejukkan.

Traveller juga bisa berfoto selfie dengan background bangunan PLTU. Dari situ juga terpampang keelokan laut biru dan di sekitarnya ada hutan-hutan khas pegununggan yang membuat suasana menjadi tentram dan nyaman. Lokasi ini juga sudah tersedia warung makan sederhana yang berjejeran yang menjadi alternatif saat traveller tidak membawa bekal dari rumah.

Belum puas dengan lokasi itu traveller masih bisa melihat dari tempat yang lebih dekat. Lanjutkan perjalanan ke timur hingga sampai di pinggiran jalan dengan pagar pembatas. Dari situ bangunan mega proyek itu semakin jelas, tetapi jarak pandangnya jadi sempit karna kiri-kanan perbukitan dengan pohon-pohon yang tumbuh lebat. Tapi sayang sekali untuk masuk ke dalam wilayah PLTU mungkin tidak diperkenankan untuk umum kecuali petugas dari PLTU tersebut.

Jika traveller ingin menyaksikan lebih dekat lagi, lanjutkan ke arah timur. Jalannya adalah arah jalan ke Pantai Daki dengan melewati pertigaan belok kanan sebelah barat pasar Bawur. Jalan tersebut akan sampai di salah-satu bagian dari Pantai bawur atau PLTU. Di situ panoramanya cukup indah, ada sungai yang jernih, laut lepas dan terlihat rumitnya bangunan PLTU dari jarak dekat. Dari situ juga bisa menuju pantai Daki dengan melewati jembatan dan jalan yang naik ke atas bukit sebelah timur.

Sumber: www.Pacitantourism.com

No comments: